Selasa, 10 Mei 2016

INI MAINANKU





Masa kanak-kanak dimulai saat seseorang berusia 2 tahun dan berakhir pada usia 6 tahun. Namun untuk sebagian orang, masa kanak-kanak akan berakhir ketika seseorang sudah menduduki bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dimana pada masa tersebut, dalam kesehariannya anak tersebut akan menghabiskan waktunya untuk bermain dan mengenal hal-hal baru.


Dalam postingan pertama ini, akan dibahas mengenai permainan-permainan yang dulu sering digunakan oleh anak-anak, mungkin termasuk juga pernah dimainkan oleh anda para pembaca.

1. Congklak
gambar diambil dari experiencingindonesia.blogspot
Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang, biasanya anak perempuan yang bermain ini. Mereka menggunakan kerikil atau pecahan genting untuk bermain dan sebuah papan yang sudah dilubangi. Cara permainannya cukup memindahkan kerikil-kerikil tersebut ke dalam setiap lubang lalu pemain dapat dinyatakan sebagai pemenang jika salah satu dari pemain mengumpulkan kerikil paling banyak.


2. Galasin
gambar diambil dari mantraitemdoeloe.blogspot
Permainan ini dimainkan oleh beberapa anak yang terbagi dalam dua tim. Satu tim sebagai penjaga dan satu tim sebagai penyerang. Sebagai tim penyerang, mereka harus berjuang masuk melewati tim penjaga agar dapat memenangkan permainan, mereka dianggap kalah jika dalam permainan bagian tubuh mereka tersentuh oleh tim penjaga. Tim penjaga akan berusaha menjaga area mereka agar tidak diserang dan dimasuki oleh tim penyerang, mereka akan kalah jika tim penyerang berhasil melewati penjagaan mereka.


3. Bekel
gambar diambil dari djadoelantik.blogspot
Permainan ini dimainkan oleh beberapa anak dengan menggunakan sebuah bola dan biji-biji permainan. Terdapat level-level pada permainan, seseorang akan dianggap sebagai pemenang jika berhasil melewati level-level pada permainan tersebut.


4. Gundu
gambar diambil dari bombastis.com
Gundu atau kelereng. Biasa dimainkan oleh anak laki-laki. Cara permainannya sangat sederhana, cukup melemparkan kelereng mereka ke kelereng lawan agar kelereng lawan keluar dari garis batas dan ia akan menjadi pemenang.


5. Gimbot
gambar diambil dari unitedindonesia.com
Permainan ini menyusun balok-balok sedemikian rupa agar tidak menyentuh garis batas.


6. Tamagochi
gambar diambil dari telegraph.co.uk
Tamagochi sama seperti permainan POU di handphone android zaman sekarang. Bedanya tamagochi lebih simple daripada pou, mungkin karena kecanggihan teknologi yang mengakibatkan pou lebih banyak fiture daripada tamagochi. Tamagochi juga dapat dikatakan permainan mengasuh bayi, yang butuh makan, tidur, buang air, dan lain-lain.


7. Tamiya
gambar diambil dari tokopedia.com
Permainan ini mulai terkenal sejak ada film cartoon yang tayang di televisi. Tamiya merupakan mobil balap yang dipermainkan dalam sebuah arena balapan. Pemenang dari permainan ini tentunya adalah mobil tamiya yang sampai terlebih dahulu di garis finish.


8. Petak umpet
gambar diambil dari kompasiana.com
Permainan ini dilakukan oleh beberapa anak. Satu menjadi penjaga dengan menghitung waktu sambil menutup mata dan yang lain bersembunyi agar tidak diketahui keberadaannya oleh sang penjaga. Pemenangnya adalah seseorang yang berhasil bersembunyi paling lama daripada yang lain.


9. Tazos
gambar diambil dari kaskus.co.id
Permainan ini didapatkan dari hadiah produk makanan ringan. Karena banyaknya jenis gambar pada tazos maka banyak anak yang berlomba-lomba mengumpulkan benda tersebut lalu dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan kreatifitas anak tersebut.


10. Orang-orangan
gambar diambil dari rochmany.blogspot
Permainan ini terbuat dari kertas yang terdiri dari orang-orangan dan pakaian-pakaian. Pakaian-pakaian tersebut dapat dilepas dan dipakaikan sesuai keinginan sang pemain. Kalo di zaman sekarang, permainan ini mirip seperti permainan The Sims.


Sepuluh permainan diatas adalah beberapa dari banyaknya permainan yang dulu dimainkan oleh anak- anak. Mungkin beberapa diantaranya sudah tidak pernah ditemukan di zaman modern seperti ini.
Apakah kalian, para pembaca, pernah memainkan permainan diatas? Atau mungkin dalam postingan kali ini ada permainan yang menjadi favorite kalian? Atau ada permainan lain yang belum disebutkan pada postingan kali i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar