Sabtu, 21 Mei 2016

INI MOBILKU

Tren mobil jadul atau mobil retro sepertinyaa  memang makin menjamur Termasuk saya yang memang penggemar mobil model retro. Padahal waktu saya membeli Corolla DX sekitar 2 tahun lalu, keberadaan mobil – mobil begini masih sedikit di jalanan.
Tapi dari banyaknya mobil jadul keren yang berkeliaran sekarang ini, hampir kebanyakan didominasi dengan 2 jenis mobil saja. Mobil bertipe sedan, sama satu lagi mobil model jeep atau juga dikenal Toyota Hardtop. Cuma kalau jenis dan tipe mobilnya, khususnya sedan, memang ada banyak.
Nah, berikut ini saya coba membuat daftar beberapa mobil jadul era 70 hingga 90-an yang makin banyak kelayapan di jalan raya.\
Mobil sedan jadul Lancer SL
Toyota Hardtop (FJ40)
Banyak yang bilang juga model ini dengan mobil Jip, mungkin karena modelnya yah. Padahal Jip itu sendiri adaptasi dari merek dagang JEEP loh. Tapi mobil ini menurut saya memang enggak menggambarkan kesan jadul atau retro. Tapi lebih mengesankan gagah, garang dan keren. Iya, mobil ini memang mulai dipasarkan sekitar akhir 70-an atau awal 80-an. Di daerah Jawa Timur, khususnya daerah Bromo dan Semeru, ini mobil banyak banget. Dan buat anak kecil era 90-an pasti apal banget kalau mobil ini identik dengan mobil penculik :p
Toyota Corolla DX (KE70)
Kalau untuk sedan yang satu ini sepertinya sudah banyak saya bahas ya, tapi memang belum bikin post tersendiri. Mobil sedan retro ini dikeluarkan sekitar tahun 1980 hingga 1983. Komunitas pemilik Corolla DX ini tergolong besar, dan beberapa tahun belakangan selalu mengadakan gathering nasional yang mengumpulkan berbagai komunitas Corolla DX dari seluruh Indonesia.
Mitsubishi Lancer SL
Gosipnya sih, mobil sedan Mitsubishi Lancer SL ini dirilis untuk menghadapi dominasi Corolla DX di pasaran. Kalau realnya saya nggak tahu. Tapi memang SL jadi salah satu sedan retro yang banyak berkeliaran di jalanan. Jujur saja, saya sangat suka kalau melihat Lancer SL di jalan. Apalagi kalau sudah didandani kinclong dengan ban donat celong + kaca beningnya. Benar – benar SL Never Die lah!
Honda Grand Civic
Termasuk mobil muda di golongan mobil retro. Grand Civic kalau saya ndak salah memang muncul di era 90-an. Modelnya yang keren dan elegan memang sangat menarik untuk peminat mobil jadul irit bensin tapi keren. Sayangnya waktu saya mencari mobil, Grand Civic ini termasuk salah satu yang harganya cukup tinggi.
Suzuki Jimny
Sama seperti Toyota Hardtop, mobil ini juga menjadi korban dengan disebut mobil Jip. Mobil ini juga memiliki tampilan yang gagah, apalagi kalau didandani dengan ban ala mobil offroad. Selain banyak berkeliaran di jalanan, mobil ini juga berulang kali jadi bintang di event off road. Yups, doi jago ngacak – ngacak lumpur!
Datsun SSS dan FIAT
Dua mobil sedan yang menurut saya agak – agak mirip bentuknya, rada kotak tapi unik. Memang keberadaannya gak terlalu banyak di jalanan. Tapi sekalinya lewat, apalagi dengan kondisi yang ciamik plus kelir warna – warni, dijamin mata langsung ketarik!
Nah itu beberapa mobil jadul keren era 70 hingga 90-an yang makin tua makin jadi dan eksis di jalanan. Selain itu, mungkin masih ada beberapa tipe mobil retro jadul yang sekarang malah makin diminati anak muda. Mungkin kamu minat salah satu diantaranya, atau mungkin ada tipe lain yang kamu suka?


http://www.ikurniawan.com/mobil-jadul-keren-di-era-70-hingga-90-an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar