Minggu, 10 April 2016


INI JAJANKU


Manusia mempunyai ciri-ciri yaitu membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan hidup. Nah, untuk makanan sendiri ada beberapa jenis, mulai dari makanan utama, makanan ringan, dan lain-lain. Untuk makanan ringan biasanya disebut dengan jajan. Penggemar jajan sendiri bisa dari anak-anak sampai dewasa. Terkadanga prang dewasa menyukai suatu jajanan hanya karena untuk mengenan masa kecilnya. Karena seiring dengan berkembangnya waktu, banyak bermunculan jajanan baru sehingga jajanan lama mulai dilupakan. Buat kalian yang juga rindu jajanan masa kecil kalian, berikut daftar jajanan lama yang booming di tahun 1990an sampai 2000an


1. Anak Mas
gambar diambil dari 16009265.tumblr.com
Cara memakan jajan ini, cukup diremas-remas, bisa pakai tangan, kemudian taburkan bumbu ke dalam kemasan, kocok-kocok sampai tercampur, lalu dimakan.


2. Coklat Jago Ayam
gambar diambil dari ibnunurkholis.com
Salah lagi cokelat batangan yang enak di era 90-an, cokelat cap ayam jago.


3. Coklat Payung
gambar diambil dari pelangilollicandy.blogspot.com
Beda dengan coklat jago ayam, coklat payung bentuknya seperti payung yang tertutup. Coklatnya sendiri menempel pada tongkat yang dibungkus plastik warna-warni.


4. Wafer Superman
gambar diambil dari ibnunurkholis.com
Ini wafer harganya dulu sekitar Rp.25,- Jika ada yang ulang tahun, selalu ada wafer Superman di dalam bingkisan yang dibagi saat pulang. Gambar Superman sedang terbang pada bungkus kemasan membuat kita mudah mengingat wafer satu ini. selain itu rasanya juga enak. Wafer ini masih bisa kita jumpai di warung atau kantin di sekolah-sekolah dasar.


5. Permen Susu Cap Kelinci
gambar diambil dari penarijari.blogspot.com
Ini permen yang dulu buat heboh karena bungkus plastiknya bisa dimakan. Sayangnya, permen ini pernah masuk dalam pemberitaan sebagai camilan berbahaya karena mengandung melamin. Dan sejak saat itu, permen ini mulai dibatasi peredarannya.


6. Permen Cicak
gambar diambil dari blog.lakupon.com
Permen ini dinamakan permen cicak karena bentuknya yang kecil. Bentuknya yang kecil ini dilapisi kulit berwarna-warni. Yang isinya bisa kacang kedele atau biskuit.


7. Coklat Choyo-Choyo
gambar diambil dari hyoubiee.blogspot.com
Cokelat Coyo Coyo hadir berbeda, tidak dalam bentuk batangan tapi dalam cup kecil. Jika membelinya, anda akan mendapat bonus sendok plastik yang sangat mini. Ada Cokelat Coyo Coyo yang semuanya berisi cokelat, ada juga yang cokelat dicampur cokelat warna-warni.


8. Permen Karet Yosan
gambar diambil dari sobatngemil.wordpress.com
Permen karet ini memang buat beberapa anak batuk setelah mengkonsumsinya. Tapi permen ini punya banyak hadiah bagi konsumen yang berhasil mengumpulkan huruf yang sesuai dengan judulnya, yosan.


9. Permen Asem
gambar diambil dari flickr.com
Permen ini bentuknya bulat, warnanya coklat dengan terdapat taburan gula disekeliling permen. Rasanya asem manis karena memang terbuat dari asam jawa dan taburan gula. Beberapa orang percaya bahwa permen ini ampuh untuk menghindarkan rasa mual pada seseorang yang berada dalam sebuah kendaraan untuk melakukan sebuah perjalanan.

10. Kue Kering Dengan Gula Warna-Warni
gambar diambil dari mengejarhujan.wordpress.com
Jujur saja, saya tidak mengetahui nama dari kue ini. Yang pasti, kue ini sering ada saat berkunjung ke rumah orang lain. Dan pada setiap toko kue kering, pasti menjual kue ini. Beberapa anak saat mau memakan kue ini, mereka memilih terlebih dahulu gula mana yang harus mereka makan. Apa ada yang tahu nama kue ini?


Dari jajanan di atas, apa ada makanan kesukaan kalian? Apakah kalian masih menjumpai makanan diatas? Dan apakah masih ada lagi makanan yang belum saya sebutkan di postingan kali ini?
Silahkan beri komentar ya. Setiap komentar sangat berguna untuk memperbaiki postingan saya selanjutnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar